Categories
Uncategorized

Elemen Rencana Periklanan

Rencana periklanan adalah dokumen yang dibuat dengan tujuan mencocokkan pesan yang paling efektif dengan audiens Anda. Artikel ini dimaksudkan sebagai bagian pendamping untuk “Mengiklankan Layanan Anda”,  yang menjelaskan konsep periklanan utama dan menyertakan petunjuk tambahan.

Seorang psikolog yang baru mengenal dunia periklanan mungkin menganggap proses berikut ini rumit dan menakutkan. Jika demikian, Anda mungkin merasa berguna untuk bekerja dengan konsultan pemasaran dan/atau profesional desain untuk membantu Anda mengembangkan dan melaksanakan rencana Anda.

Rencana periklanan yang baik harus mencakup bagian berikut:

  1. Analisis situasi.  Tinjauan masalah dan peluang.
  • Pesan iklan harus mengatasi masalah. Anda mungkin berpikir tentang hal ini dalam hal mengapa lebih banyak orang tidak mengakses layanan Anda. Apakah kesulitan berasal dari masalah dengan citra Anda, kurangnya informasi, atau dari persepsi atau sikap calon klien atau sumber rujukan? Daftar masalah.
  • Sekarang, ubah masalah ini menjadi peluang untuk membentuk citra profesional Anda, mengoreksi kesalahan informasi, mendidik publik, dan mengubah persepsi. Jelaskan bagaimana Anda akan menggunakan peluang.
  1. Pernyataan strategi. Kerangka kerja untuk pendekatan Anda.
  • Tentukan dengan jelas sasaran iklan Anda. Jadilah spesifik.
  • Laporkan pendapatan tahunan yang Anda hasilkan dan pangsa pasar yang Anda perintahkan untuk layanan yang Anda berikan di wilayah geografis yang Anda layani.
  • Buat daftar pangsa pasar pesaing Anda dan pernyataan singkat yang menjelaskan layanan yang mereka tawarkan, strategi pemasaran mereka, dan upaya periklanan mereka. Jika Anda tidak memiliki informasi ini, inilah saatnya untuk mengumpulkan beberapa data tentang pasar tempat Anda bekerja.
  • Jelaskan layanan yang Anda tawarkan. Sertakan hasil riset pemasaran yang telah Anda lakukan, seperti survei kepuasan klien dan umpan balik, pendapat dan reaksi dari rekan kerja, kolega, dan anggota keluarga tentang praktik atau citra profesional Anda. Bagaimana jika Anda tidak memiliki informasi? Anda dapat menebaknya … waktu untuk mengumpulkan lebih banyak data.
  • Profil audiens target Anda, termasuk orang lain yang dapat memengaruhi keputusan untuk mencari layanan Anda — misalnya, sumber rujukan potensial dan anggota keluarga. Sertakan demografi seperti usia, jenis kelamin, pendidikan, pendapatan, dan distribusi geografis dan psikografis seperti gaya hidup, minat, nilai, dan perhatian.
  • Jelaskan keunggulan kompetitif Anda, manfaat atau nilai yang diberikan layanan Anda, citra profesional Anda, dan ceruk pasar yang Anda tempati.

Untuk informasi lebih lanjut, baca artikel berikut: ” Kembangkan Citra Profesional yang Mencerminkan Kekuatan Anda ” dan ” Sudahkah Anda Menemukan Niche? “

  1. Rencana kreatif. Fokus pesan iklan Anda yang sebenarnya.
  • Gunakan informasi dari analisis situasi dan pernyataan strategi Anda untuk membuat pesan inti yang efektif. Pikirkan tentang tujuan pemasaran Anda, masalah dan peluang yang ada, kekuatan dan kelemahan Anda serta audiens target Anda.
  • Lengkapi detail tentang bagaimana pesan inti Anda akan dieksekusi dengan cara yang akan menarik perhatian orang dan mudah diingat. Bagaimana tampilan dan nuansa iklan Anda? Konten apa yang ingin Anda sertakan? Nada apa yang ingin Anda sampaikan?
  • Pendekatan dasar untuk rencana kreatif termasuk mempromosikan praktik Anda secara umum, mempromosikan layanan tertentu yang Anda tawarkan, berfokus pada mendidik dan memberikan informasi, dan mencoba mengaitkan citra atau gaya hidup tertentu dengan praktik Anda.
  1. Rencana promosi. Mengidentifikasi cara terbaik untuk menyampaikan pesan Anda kepada audiens target Anda.
  • Pikirkan tentang rute yang paling hemat biaya. Apakah Anda akan menggunakan surat langsung, iklan di halaman kuning, iklan cetak di koran atau majalah lokal, radio spot, televisi?
  • Pertimbangkan juga masalah waktu. Apakah Anda akan beriklan sepanjang tahun, secara musiman sesuai dengan kebutuhan pasar atau menurut siklus bisnis Anda (saat Anda tersibuk atau paling lambat)? Apakah Anda ingin iklan Anda tersebar dan muncul secara berkala atau dalam kelompok yang lebih intensif? Seorang konsultan dapat membantu Anda dengan keputusan ini dan seiring waktu, Anda akan menyempurnakan strategi periklanan Anda berdasarkan hasil upaya Anda sebelumnya.
  • Selain periklanan, yang hanya merupakan salah satu bagian dari strategi pemasaran Anda yang lebih luas, pikirkan tentang pendekatan pemasaran lain yang dapat membantu menyampaikan pesan Anda kepada audiens target Anda.

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi bagian Pemasaran & Membangun Praktik Anda atau baca artikel berjudul ” Menggunakan Konsultan Praktik untuk Keuntungan Terbaik Anda.”

  1. Evaluasi. Bagaimana Anda mengukur keberhasilan kampanye iklan Anda. Keberhasilan harus ditentukan berdasarkan kemajuan menuju tujuan yang Anda tetapkan dalam pernyataan strategi Anda. Tetapkan bagaimana Anda akan secara teratur mengumpulkan data tentang kemajuan Anda dan menggunakan informasi yang diperoleh untuk meningkatkan upaya periklanan Anda di masa mendatang. Efek dari iklan bersifat kumulatif dan pada akhirnya, keberhasilan iklan Anda tidak benar-benar ditentukan oleh berapa banyak pendapatan yang dihasilkannya, melainkan seberapa baik hal itu membantu Anda membangun hubungan dengan klien potensial dan sumber rujukan.
  2. Anggaran. Anggaran iklan Anda adalah bagian dari keseluruhan anggaran pemasaran Anda. Keseimbangan adalah kuncinya. Jika Anda membelanjakan terlalu sedikit, Anda tidak akan mencapai tujuan Anda, tetapi menghabiskan terlalu banyak dapat membuang sumber daya. Pertimbangkan siklus hidup latihan Anda. Praktik atau layanan baru akan membutuhkan lebih banyak iklan untuk membangun kesadaran. Demikian pula, menumbuhkan pangsa pasar Anda atau bekerja di pasar yang sangat kompetitif akan membutuhkan lebih banyak iklan. Anggaran iklan Anda penting karena akan membantu menentukan:
  • Berapa banyak iklan yang mampu Anda lakukan?
  • Opsi media apa yang dapat Anda kejar
  • Seberapa luas target audiens yang dapat Anda coba jangkau

Rencana periklanan yang dipikirkan dengan matang harus konsisten dengan rencana bisnis Anda yang lebih besar, serta upaya pemasaran Anda yang lain. Dengan menggunakan pendekatan terorganisir untuk mengiklankan layanan Anda, Anda dapat menjangkau audiens yang lebih luas, membantu lebih banyak orang mengakses layanan psikologis yang sesuai, dan membangun serta mempertahankan praktik yang sukses. 

Baca Juga : Bagaimana Melakukan Analisis Pasar Kompetitif

Leave a Reply

Your email address will not be published.